Sunday, March 17, 2013

Tips Merawat Wajah

Apakah anda mahukan kulit cerah alam (semuajadi)i? Berikut ini adalah tips merawat kulit agar senantiasa terpelihara melalui kebiasaan hidup dan makanan sehat.

Apakah anda sering memperhatikan apa yang terjadi pada wajah dalam berbagai keadaan? Jika sedang stres akan timbul jerawat dan lingkar hitam di bawah mata kita. Jika anda sedikit minum sehingga mengakibatkan dehidrasi, kulit menjadi bersisik dan kering. Jika sedang sakit, wajah kelihatan pucat. Bila makan terlalu banyak, kita akan mendapati wajah bengkak waktu bangun tidur. Sebaliknya tubuh dan wajah menjadi sangat fresh setelah makan dengan betul, bersenam, dan ketika pikiran dalam keadaan stabil.

Kerana kulit adalah organ terbesar dari tubuh kita, dengan luas sekitar 21 meter persegi dan apapun yang terjadi di dalam akan muncul di permukaan sehingga mempengaruhi penampilan.

Contoh yang paling jelas ialah kesan merokok. Hasil penelitian membuktikan bahwa merokok akan mengakibatkan wajah kelihatan cepat tua akibat lambatnya proses penggantian sel kulit lama dengan sel kulit baru yang lebih segar dan cerah. Rokok juga akan meningkatkan risiko kanser kulit.

Stress boleh mengakibatkan kesan buruk bagi wajah anda. Namun sebaliknya, pikiran yang bebas stess akan memberikan kesan positif bagi penampilan wajah. Pola atau kebiasaan hidup sihat dapat menyebabkan kulit menjadi halus dan lebih sehat. Makanan yang rendah lemak, buah-buahan yang kaya serat, sayuran dan biji-bijian, banyak minum, olahraga teratur, dan cukup tidur setiap malam akan dapat memelihara kesihatan dan kecerahan kulit.

Berikut penjelasannya :

Lemak. Beberapa kajian menemukan bahawa jumlah lemak seperti asam lemak omega-3, dapat melindungi jumlah kerosakan akibat terdedah matahari dan penuaan kulit. Sumber terbaik omega 3 adalah tuna, salmon, dan makarel. Sedangkan minyak zaitun dan kacang-kacangan sangat baik untuk anda sebagai sumber lemak tunggal yang tak jenuh.

Teh. Teh hijau merupakan bahan alami sangat baik untuk merawat kulit, dan mempunyai kesan untuk pertahanan terhadap kesan penuaan (antioksidan).Salah satu sumber antioksidan yang baik adalah semua jenis teh. Satu kajian dari Arizona, menemukan bahwa orang yang meminum teh hitam (terutama dicampur dengan lemon), semakin kecil berkemungkinan mereka terkena kanser sel skuamosa kulit.

Buah-buahan, sayuran dan ikan. Ketiga2 sumber makanan ini sangat baik untuk merawat kulit serta mencegah kerutan. Ada penelitian dari Monash University – Australia, yang mempelajari sumber makanan dari 453 orang berusia sekitar 70 tahun untuk melihat apakah ada hubungan antara apa yang mereka makan dan jumlah kerutan pada kulit. Kesimpulan penelitian tersebut adalah mereka yang memiliki sumber utama makanan utamanya adalah buah-buahan, sayuran dan ikan, adalah yang memiliki keriput paling sedikit. Sebaliknya, orang yang menjadikan makanan utamanya memiliki lemak jenuh tinggi, termasuk daging, mentega dan penuh lemak, minuman ringan, kueh, dan kentang, meningkatkan kemungkinan kerutan kulit.

Bersenam. Bersenam dgn teratur menjaga aliran darah dan metabolisme ke seluruh tubuh, sehingga sangat membantu merawat kulit anda.

Vitamin. Makanan hendaknya dijadikan sebagai sumber nutrisi terbaik bagi apa yang diperlukan oleh tubuh. Namun beberapa penelitian membuktikan suplemen yang mengandung antioksidan vitamin E dan C dapat menjadi pelindung dan merawat kulit anda.

Nutrisi lainnya. Kajian lain menunjukkan bahwa makanan yang tinggi kandungan asam lemak omega-3, seperti bawang putih dan ginkgo biloba, juga dapat merawat kulit dan melindunginya dari paparan matahari dan radikal bebas.

Cara supaya kulit cerah alami dan terpeliharan kesihatannya, konsumsilah secara rutin sumber makanan alami berikut ini :

Ikan salmon
Teh hijau
Minyak zaitun dan zaitun
Sardin
Bluberi
Biji rami
Alpukat

Dan tentunya juga, mengamalkan perawatan kulit harian (membersihkan wajah setiap hari dan memakai pelembab siang dan malam) dapat membantu merawat kulit wajah anda menjadi cerah, sehingga dengan demikian, kulit cerah alami (semulajadia) yang anda dambakan akan menjadi milik anda sepenuhnya.

click and like link ini http://goo.gl/1qwwX


SEMOGA BERMANFAAT

No comments:

Post a Comment